“Analisis Regresi Berganda dengan Menggunakan SPSS”
Nama/NIM : Dimas Hamdan Mubarok / 18510107
Mata Kuliah : Statisik II
Dosen : M.Nanang Choiruddin, SE, MM
Analisis
regresi merupakan salah satu teknik analisis yang paling popular di bidang
penelitian sekarang ini. Analisis regresi digunakan untuk menjelaskan suatu
variabel respon (variabel terikat / dependent / output) menggunakan satu atau
lebih variabel input (variabel bebas, independent variable / eksogen). Regresi
linear hanya dapat digunakan pada skala interval dan rasio. Jika variabel bebas
terdiri dari 1 maka regresi sederhana yang digunakan, dan jika variabel input
lebih dari 1, maka regresi ganda yang digunakan.
Analisis
regresi linier ganda adalah alat analisis peramalan nilai pengaruh antara dua
variabel bebas atau lebih (X) terhadap satu variabel terikat (Y) dalam rangka
membuktikan ada tidaknya hubungan fungsional atau kausal antara dua variabel
bebas atau lebih (X) tersebut terhadap satu variabel terikat (Y). Persamaan
umumnya adalah:
Y = a + b1 X1 + b2 X2
+ .... + bn Xn.
Dengan Y adalah variabel terikat,
dan X adalah variabel bebas, a adalah konstanta (intersept) dan b adalah
koefisien regresi pada masing-masing variabel bebas.
Contoh kasus:
Penelitian terhadap mahasiswa UIN Sunan Kaliaga ingin
mengetahui apakah terdapat hubungan antara keaktifan organisasi ekstrakurikuler
dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap tingkat intelegensi mahasiswa FITK.
Untuk keperluan tersebut, ia mengedarkan kuisioner kepada 10 siswa sebagai
responden yang berisi 10 pertanyaan per variabel. Instrumen penelitian
menggunakan skala pengukuran Likert dengan skor: (4) Sangat Setuju, (3) Setuju,
(2) Tidak Setuju, dan (1) Sangat Tidak Setuju. Taraf signifikan = 5%. Data total hasil jawaban variabel
keaktifan ekstrakurikuler (X1), kemandirian belajar (X2) dan intelegensi (Y)
dapat dilihat pada tabel berikut:
No
|
X1
|
X2
|
Y
|
1
|
30
|
31
|
39
|
2
|
38
|
35
|
44
|
3
|
40
|
43
|
49
|
4
|
38
|
39
|
45
|
5
|
29
|
32
|
35
|
6
|
33
|
36
|
43
|
7
|
25
|
25
|
33
|
8
|
31
|
30
|
38
|
9
|
24
|
30
|
36
|
10
|
31
|
35
|
40
|
∑
|
319
|
336
|
402
|
Penghitungan
menggunakan SPSS
1. Masuk ke program
SPSS lalu klik variable view pada SPSS data editor
a) Pada kolom name,
ketik responden pada baris pertama, X1 pada baris kedua, X2 pada baris ketiga,
dan Y pada baris keempat.
b) Pada kolom type
untuk kolom responden menjadi string, yang lain tetap.
c) Ubah angka pada
kolom decimal menjadi nol.
d) Pada kolom
label, kosongkan baris pertama. Ketik Keaktifan Ekstrakurikuler pada baris
kedua, Kemandirian Belajar pada baris ketiga, dan Intelegensi pada baris
keempat.
e) Pada kolom
measure, ubah baris pertama menjadi nominal, baris kedua sampai keempat menjadi
ordinal.
2. Pengisian data
a) Klik data view
pada SPSS data editor.
b) Pada kolom
responden, masukkan semua responden.
c) Pada kolom X1,
masukkan nilai total jawaban untuk keaktifan ekstrakurikuler.
d) Pada kolom X2,
masukkan nilai total jawaban untuk kemandirian belajar.
e) Pada kolom Y,
masukkan nilai total jawaban untuk intelegensi.
3. Pengolahan data
a) Klik Analyze
> Regression > Linier.
b) Masukkan
Keaktifan ekstrakurikuler (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) ke Independent,
serta Intelegensi (Y) ke Dependent.
c) Klik Statistics,
maka akan muncul kotak dialog “Linear Regression: Statistics”. Pada Regression
Coefficients pilih Estimates, Model fit, R square change, dan Descriptive. Klik
Continue.
d) Klik Plot Masukkan
SDRESID ke kotak Y dan ZPRED ke kotak X, Akan nampak sebagai berikut:
e) Klik Next, kemudian masukkan ZPRED ke kotak Y dan
DEPENDENT ke kotak X. Pilih Histogram dan Normal probability plot. Jika sudah
selesai kemuian Klik Continue.
f) Kemudian klik Continue, sehingga akan muncul kotak dialog “Linear
Regression” sebagai berikut:
g) Klik Save, pada Predicted Value, pilih Unstandarized dan Prediction
Intervals, Klik Mean dan Individu, kemudian Klik Continue. Kemudian Klik
Options (pastikan bahwa taksiran probability dalam keadaan deafult sebesar 0,05),
kemudian klik Continue.
h) Jika sudah yakin betul klik OK. Kemudian akan muncul hasil output
sebagai berikut.
Analisis hasil output Regresi Ganda sebagai berikut
Descriptive
Statistics
Mean
|
Std. Deviation
|
N
|
|
Intelegensia
|
40,20
|
5,007
|
10
|
Keaktifan Ekstrakulikuler
|
31,90
|
5,425
|
10
|
Kemandirian Belajar
|
33,60
|
5,125
|
10
|
Jumlah responden adalah 10 orang dengan rata-rata tingkat intelegensi
sebesar 40,2 dengan standar deviasi 5,007. Artinya jika dihubungkan dengan
rata-rata tingkat intelegensi sebesar 40,2/orang, maka tingkat intelegensi akan
berkisar antara 40,2 5,007 tingkat dengan tingkat keaktifan ekstrakurikuler
ratarata 31,9 dan dengan tingkat kemandirian belajar rata-rata 33,6.
Correlations
Keaktifan
|
Kemandirian
|
||||
Intelegensia
|
Ekstrakulikuler
|
Belajar
|
|||
Pearson
|
Intelegensia
|
1,000
|
,938
|
,939
|
|
Correlation
|
|||||
Keaktifan Ekstrakulikuler
|
,938
|
1,000
|
,878
|
||
Kemandirian Belajar
|
,939
|
,878
|
1,000
|
||
Sig. (1-tailed)
|
Intelegensia
|
.
|
,000
|
,000
|
|
Keaktifan Ekstrakulikuler
|
,000
|
.
|
,000
|
||
Kemandirian Belajar
|
,000
|
,000
|
.
|
||
N
|
Intelegensia
|
10
|
10
|
10
|
|
Keaktifan Ekstrakulikuler
|
10
|
10
|
10
|
||
Kemandirian Belajar
|
10
|
10
|
10
|
||
Korelasi secara
parsial antara variabel keaktifan ekstrakurikuler (X1) dengan intelegensi (Y)
diperoleh nilai sebesar r = 0.938, sedangkan variabel kemandirian belajar (X2)
dengan tingkat intelegensi diperoleh nilai sebesar r = 0.939. Yang artinya,
kedua hal itu menunjukkan adanya hubungan positif (searah) yang kuat, baik
antara (X1) dengan (Y, maupun (X2) dengan (Y).
Variable
Entered/Removed
Model
|
Variables Entered
|
Variables Removed
|
Method
|
1
|
Kemandirian
|
||
Belajar, Keaktifan
|
.
|
Enter
|
|
Ekstrakulikulerb
|
|||
a. Dependent Variable: Intelegensia
b. All requested variables entered
Tabel ini hanya berisi informasi bahwa
semua variabel berhasil dimasukkan (entered), tidak ada yang dikeluarkan
(removed).
Model
Summary
Adjusted
|
Std.
|
Change Statistics
|
|||||||||
R
|
Error
|
R
|
|||||||||
Model
|
R
|
R
|
Sig. F
|
||||||||
Square
|
of the
|
Square
|
F Change
|
df1
|
df2
|
||||||
Square
|
Change
|
||||||||||
Estimate
|
Change
|
||||||||||
1
|
,968a
|
,938
|
,920
|
1,418
|
,938
|
52,582
|
2
|
7
|
,000
|
||
a. Predictors:
(Constant), Kemandirian Belajar, Keaktifan Ekstrakulikuler
|
|||||||||||
b. Dependent Variable:
Intelegensia
|
Korelasi
(R) secara simultan antara variabel keaktifan ekstrakurikuler (X1) dan
kemandirian belajar (X2) terhadap tingkat intelegensi (Y) diperoleh nilai
sebesar r = 0,968. R Square (korelasi koefisien) sebesar 93,8% menunjukkan
kontribusi yang disumbangkan X1 dan X2 kepada Y.
Model ANOVA
Model
|
Sum of
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
||
Squares
|
|||||||
1
|
Regression
|
211,521
|
2
|
105,760
|
52,582
|
,000b
|
|
Residual
|
14,079
|
7
|
2,011
|
||||
Total
|
225,600
|
9
|
|||||
a. Dependent Variable: Intelegensia
b.
Predictors: (Constant), Kemandirian Belajar,
Keaktifan Ekstrakulikuler
Perbandingan F_hitungdan F_tabel serta sig dan Ξ±:
F_hitung=52,582>F_tabel=4,74, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sig.=
0,00>Ξ±=0,05, makaH0 ditolak dan Ha diterima.
Coefficients
Model
|
Unstandardized
|
Standardized
|
|||||
Coefficients
|
t
|
Sig.
|
|||||
B
|
Coefficients
|
||||||
Std. Error
|
Beta
|
||||||
1
|
(Constant)
|
9,072
|
3,134
|
2,895
|
,023
|
||
Keaktifan
|
,457
|
,182
|
,495
|
2,512
|
,040
|
||
Ekstrakulikuler
|
|||||||
Kemandirian Belajar
|
,493
|
,192
|
,505
|
2,563
|
,037
|
||
a. Dependent Variable:
Intelegensia
|
Model
persamaan regresi untuk memperkirakan tingkat intelegensi (Y) yang dipengaruhi
keaktifan ekstrakurikuler (X) adalah:
·
Jika
seorang siswa tidak aktif di ekstrakurikuler dan tidak belajar mandiri (X1 dan
X2=0), maka diperkirakan tingkat intelegensinya sebesar 9,072. Sedangkan jika
tingkat keaktivan ekstrakurikuler dan kemandirian belajar bertambah 1 poin (X1
dan X2 = 5), maka tingkat intelegensi akan naik menjadi:
Y=9,072+0,457X_1+0,493X_2 =9,072+0,457(5)+0,493(5)=13,912
·
Koefisien
regresi sebesar 0,457 dan 0,493 menunjukkan besaran penambahan tingkat
intelegensi untuk setiap penambahan poin jawaban keaktifan ekstrakurikuler dan
kemandirian belajar.
Residuals
Statistics
Std.
|
||||||
Minimum
|
Maximum
|
Mean
|
Deviation
|
N
|
||
Predicted Value
|
32,81
|
48,53
|
40,20
|
4,848
|
10
|
|
Std. Predicted Value
|
-1,524
|
1,719
|
,000
|
1,000
|
10
|
|
Standard Error of Predicted
|
,517
|
,998
|
,752
|
,203
|
10
|
|
Value
|
||||||
Adjusted Predicted Value
|
32,67
|
48,10
|
40,05
|
4,929
|
10
|
|
Residual
|
-3,087
|
1,182
|
,000
|
1,251
|
10
|
|
Std. Residual
|
-2,177
|
,833
|
,000
|
,882
|
10
|
|
Stud. Residual
|
-2,352
|
1,173
|
,043
|
,994
|
10
|
|
Deleted Residual
|
-3,605
|
2,342
|
,154
|
1,618
|
10
|
|
Stud. Deleted Residual
|
-4,758
|
1,212
|
-,199
|
1,685
|
10
|
|
Mahal. Distance
|
,297
|
3,560
|
1,800
|
1,399
|
10
|
|
Cook's Distance
|
,000
|
,451
|
,097
|
,154
|
10
|
|
Centered Leverage Value
|
,033
|
,396
|
,200
|
,155
|
10
|
|
a. Dependent Variable: Intelegensia
Gambar ini (Histogram) menampilkan grafik
histogram
Hasil dari Normal Probability – Plot ini menunjukkan penyebaran
dari data-data yang ada pada variabel (menggambarkan garis regresi), sebab
titik-titik terletak mendekati atau sekitar garis lurus.
Daftar Pustaka
Dr. Imam Machali, M.Pd. 2015. Statistik itu Mudah,Menggunakan SPSS
sebagai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta. Lembaga Ladang Kata
Echo Perdana K. 2016. Olah Data Skripsi dengan SPSS 22.
Pangkalpinang. Lab Kom Manajemen FE UBB
Rochmat Aldy Purnomo,S.E.,M.Si. 2016. Analisis Statistik Ekonomi
dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo. Wade Group
Dyah Nirmala Arum Janie,S.E,M.Si. 2012. Statistik Deskriptif &
Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang. Semarang University Press
Hendry. APLIKASI REGRESI GANDA DENGAN SPSS. http://teorionline.net
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusWahh sangatt membantu sekali buat belajar πππ
BalasHapuswah terimakasih kak atas pengertiannya, ini sangatt membantu untuk tugas-tugas saya kedepannya
BalasHapusWaw sangat membantu.
BalasHapusMntap kak. sangat membantu sekali π
BalasHapusMuatan materi yang bagus mas π mungkin sedikit kerapian tulisan saja bisa menambah pemahaman kita sebagai pembaca π
BalasHapustutorialnya sangat membantu kak, semoga ilmunya manfaat
BalasHapusmakasii
terimakasih tutorial nya kak sangat bermanfaat
BalasHapusRingkas, padat, dan jelas. Terimakasih tulisannya sangat membantu saya mempelajari regresi berganda menggunakan spss :)
BalasHapusTutorialnya bagus mudah dipahami kk mungkin bisa dibenahi lagi penulisanya biar tambah baguss..
BalasHapusSangat membantu sekali kak .terimakasih
BalasHapusTerimakasih kak sharing ilmunya, sangat mudah dipahami
BalasHapusTulisan yg sangat bermanfaat, membantu dalam mempelajari analisis regresi berganda. terima kasih
BalasHapusSangat bermanfaat, terima kasih kak
BalasHapusSangat bermanfaat dan membantu sekali ini.
BalasHapusTerima kasih, materinya sangat bermanfaat
BalasHapus