Sabtu, 11 April 2020

Dimas Hamdan M_18510107_Analisis Regresi Berganda dengan SPSS


“Analisis Regresi Berganda dengan Menggunakan SPSS”
Nama/NIM : Dimas Hamdan Mubarok / 18510107
Mata Kuliah : Statisik II
Dosen : M.Nanang Choiruddin,  SE, MM

                Analisis regresi merupakan salah satu teknik analisis yang paling popular di bidang penelitian sekarang ini. Analisis regresi digunakan untuk menjelaskan suatu variabel respon (variabel terikat / dependent / output) menggunakan satu atau lebih variabel input (variabel bebas, independent variable / eksogen). Regresi linear hanya dapat digunakan pada skala interval dan rasio. Jika variabel bebas terdiri dari 1 maka regresi sederhana yang digunakan, dan jika variabel input lebih dari 1, maka regresi ganda yang digunakan.
                Analisis regresi linier ganda adalah alat analisis peramalan nilai pengaruh antara dua variabel bebas atau lebih (X) terhadap satu variabel terikat (Y) dalam rangka membuktikan ada tidaknya hubungan fungsional atau kausal antara dua variabel bebas atau lebih (X) tersebut terhadap satu variabel terikat (Y). Persamaan umumnya adalah:
Y = a + b1 X1 + b2 X2 + .... + bn Xn.
Dengan Y adalah variabel terikat, dan X adalah variabel bebas, a adalah konstanta (intersept) dan b adalah koefisien regresi pada masing-masing variabel bebas.
Contoh kasus:
Penelitian terhadap mahasiswa UIN Sunan Kaliaga ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara keaktifan organisasi ekstrakurikuler dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap tingkat intelegensi mahasiswa FITK. Untuk keperluan tersebut, ia mengedarkan kuisioner kepada 10 siswa sebagai responden yang berisi 10 pertanyaan per variabel. Instrumen penelitian menggunakan skala pengukuran Likert dengan skor: (4) Sangat Setuju, (3) Setuju, (2) Tidak Setuju, dan (1) Sangat Tidak Setuju. Taraf signifikan  = 5%. Data total hasil jawaban variabel keaktifan ekstrakurikuler (X1), kemandirian belajar (X2) dan intelegensi (Y) dapat dilihat pada tabel berikut:


No
X1
X2
Y
1
30
31
39
2
38
35
44
3
40
43
49
4
38
39
45
5
29
32
35




6
33
36
43
7
25
25
33
8
31
30
38
9
24
30
36
10
31
35
40
319
336
402





Penghitungan menggunakan SPSS
1. Masuk ke program SPSS lalu klik variable view pada SPSS data editor
a) Pada kolom name, ketik responden pada baris pertama, X1 pada baris kedua, X2 pada baris ketiga, dan Y pada baris keempat.
b) Pada kolom type untuk kolom responden menjadi string, yang lain tetap.
c) Ubah angka pada kolom decimal menjadi nol.
d) Pada kolom label, kosongkan baris pertama. Ketik Keaktifan Ekstrakurikuler pada baris kedua, Kemandirian Belajar pada baris ketiga, dan Intelegensi pada baris keempat.
e) Pada kolom measure, ubah baris pertama menjadi nominal, baris kedua sampai keempat menjadi ordinal.
2. Pengisian data
a) Klik data view pada SPSS data editor.
b) Pada kolom responden, masukkan semua responden.
c) Pada kolom X1, masukkan nilai total jawaban untuk keaktifan ekstrakurikuler.
d) Pada kolom X2, masukkan nilai total jawaban untuk kemandirian belajar.
e) Pada kolom Y, masukkan nilai total jawaban untuk intelegensi.

3. Pengolahan data
a) Klik Analyze > Regression > Linier.
b) Masukkan Keaktifan ekstrakurikuler (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) ke Independent, serta Intelegensi (Y) ke Dependent.



                            
c) Klik Statistics, maka akan muncul kotak dialog “Linear Regression: Statistics”. Pada Regression Coefficients pilih Estimates, Model fit, R square change, dan Descriptive. Klik Continue.

d) Klik Plot Masukkan SDRESID ke kotak Y dan ZPRED ke kotak X, Akan nampak sebagai berikut:
  
e) Klik Next, kemudian masukkan ZPRED ke kotak Y dan DEPENDENT ke kotak X. Pilih Histogram dan Normal probability plot. Jika sudah selesai kemuian Klik Continue.

f) Kemudian klik Continue, sehingga akan muncul kotak dialog “Linear Regression” sebagai berikut:                          

g) Klik Save, pada Predicted Value, pilih Unstandarized dan Prediction Intervals, Klik Mean dan Individu, kemudian Klik Continue. Kemudian Klik Options (pastikan bahwa taksiran probability dalam keadaan deafult sebesar 0,05), kemudian klik Continue.

h) Jika sudah yakin betul klik OK. Kemudian akan muncul hasil output sebagai berikut.
Analisis hasil output Regresi Ganda sebagai berikut
                                Descriptive Statistics

Mean
Std. Deviation
N




Intelegensia
40,20
5,007
10




Keaktifan Ekstrakulikuler
31,90
5,425
10




Kemandirian Belajar
33,60
5,125
10




Jumlah responden adalah 10 orang dengan rata-rata tingkat intelegensi sebesar 40,2 dengan standar deviasi 5,007. Artinya jika dihubungkan dengan rata-rata tingkat intelegensi sebesar 40,2/orang, maka tingkat intelegensi akan berkisar antara 40,2 5,007 tingkat dengan tingkat keaktifan ekstrakurikuler ratarata 31,9 dan dengan tingkat kemandirian belajar rata-rata 33,6.
                Correlations



Keaktifan
Kemandirian


Intelegensia
Ekstrakulikuler
Belajar





Pearson
Intelegensia
1,000
,938
,939
Correlation




Keaktifan Ekstrakulikuler
,938
1,000
,878







Kemandirian Belajar
,939
,878
1,000





Sig. (1-tailed)
Intelegensia
.
,000
,000






Keaktifan Ekstrakulikuler
,000
.
,000






Kemandirian Belajar
,000
,000
.





N
Intelegensia
10
10
10






Keaktifan Ekstrakulikuler
10
10
10






Kemandirian Belajar
10
10
10





Korelasi secara parsial antara variabel keaktifan ekstrakurikuler (X1) dengan intelegensi (Y) diperoleh nilai sebesar r = 0.938, sedangkan variabel kemandirian belajar (X2) dengan tingkat intelegensi diperoleh nilai sebesar r = 0.939. Yang artinya, kedua hal itu menunjukkan adanya hubungan positif (searah) yang kuat, baik antara (X1) dengan (Y, maupun (X2) dengan (Y).
                                                Variable Entered/Removed
Model
Variables Entered
Variables Removed
Method




1
Kemandirian



Belajar, Keaktifan
.
Enter

Ekstrakulikulerb






a. Dependent Variable: Intelegensia
b. All requested variables entered
Tabel ini hanya berisi informasi bahwa semua variabel berhasil dimasukkan (entered), tidak ada yang dikeluarkan (removed).
                                Model Summary



Adjusted
Std.

Change Statistics




R
Error
R






Model
R
R





Sig. F
Square
of the
Square
F Change

df1

df2


Square


Change



Estimate
Change



























1
,968a
,938
,920
1,418
,938
52,582
2

7

,000












a. Predictors: (Constant), Kemandirian Belajar, Keaktifan Ekstrakulikuler





b. Dependent Variable: Intelegensia








Korelasi (R) secara simultan antara variabel keaktifan ekstrakurikuler (X1) dan kemandirian belajar (X2) terhadap tingkat intelegensi (Y) diperoleh nilai sebesar r = 0,968. R Square (korelasi koefisien) sebesar 93,8% menunjukkan kontribusi yang disumbangkan X1 dan X2 kepada Y.
                                Model ANOVA
Model

Sum of
df
Mean Square
F
Sig.

Squares







1

Regression
211,521
2
105,760
52,582
,000b


Residual
14,079
7
2,011












Total
225,600
9











a.     Dependent Variable: Intelegensia
b.      Predictors: (Constant), Kemandirian Belajar, Keaktifan Ekstrakulikuler
Perbandingan F_hitungdan F_tabel serta sig dan Ξ±: F_hitung=52,582>F_tabel=4,74, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sig.= 0,00>Ξ±=0,05, makaH0 ditolak dan Ha diterima.
                Coefficients

Model
Unstandardized
Standardized




Coefficients
t
Sig.

B



Coefficients



Std. Error
Beta















1
(Constant)
9,072

3,134

2,895
,023









Keaktifan
,457

,182
,495
2,512
,040

Ekstrakulikuler

















Kemandirian Belajar
,493

,192
,505
2,563
,037








a. Dependent Variable: Intelegensia





Model persamaan regresi untuk memperkirakan tingkat intelegensi (Y) yang dipengaruhi keaktifan ekstrakurikuler (X) adalah:
·         Jika seorang siswa tidak aktif di ekstrakurikuler dan tidak belajar mandiri (X1 dan X2=0), maka diperkirakan tingkat intelegensinya sebesar 9,072. Sedangkan jika tingkat keaktivan ekstrakurikuler dan kemandirian belajar bertambah 1 poin (X1 dan X2 = 5), maka tingkat intelegensi akan naik menjadi: Y=9,072+0,457X_1+0,493X_2 =9,072+0,457(5)+0,493(5)=13,912
·         Koefisien regresi sebesar 0,457 dan 0,493 menunjukkan besaran penambahan tingkat intelegensi untuk setiap penambahan poin jawaban keaktifan ekstrakurikuler dan kemandirian belajar.
Residuals Statistics




Std.


Minimum
Maximum
Mean
Deviation
N






Predicted Value
32,81
48,53
40,20
4,848
10
Std. Predicted Value
-1,524
1,719
,000
1,000
10
Standard Error of Predicted
,517
,998
,752
,203
10
Value





Adjusted Predicted Value
32,67
48,10
40,05
4,929
10
Residual
-3,087
1,182
,000
1,251
10
Std. Residual
-2,177
,833
,000
,882
10
Stud. Residual
-2,352
1,173
,043
,994
10
Deleted Residual
-3,605
2,342
,154
1,618
10
Stud. Deleted Residual
-4,758
1,212
-,199
1,685
10
Mahal. Distance
,297
3,560
1,800
1,399
10
Cook's Distance
,000
,451
,097
,154
10
Centered Leverage Value
,033
,396
,200
,155
10






a. Dependent Variable: Intelegensia

 Gambar ini (Histogram) menampilkan grafik histogram

Hasil dari Normal Probability – Plot ini menunjukkan penyebaran dari data-data yang ada pada variabel (menggambarkan garis regresi), sebab titik-titik terletak mendekati atau sekitar garis lurus.


Daftar Pustaka
Dr. Imam Machali, M.Pd. 2015. Statistik itu Mudah,Menggunakan SPSS sebagai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta. Lembaga Ladang Kata
Echo Perdana K. 2016. Olah Data Skripsi dengan SPSS 22. Pangkalpinang. Lab Kom Manajemen FE UBB
Rochmat Aldy Purnomo,S.E.,M.Si. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo. Wade Group
Dyah Nirmala Arum Janie,S.E,M.Si. 2012. Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang. Semarang University Press
Hendry. APLIKASI REGRESI GANDA DENGAN SPSS. http://teorionline.net














17 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wahh sangatt membantu sekali buat belajar πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  3. wah terimakasih kak atas pengertiannya, ini sangatt membantu untuk tugas-tugas saya kedepannya

    BalasHapus
  4. Mntap kak. sangat membantu sekali πŸ‘

    BalasHapus
  5. Muatan materi yang bagus mas πŸ‘ mungkin sedikit kerapian tulisan saja bisa menambah pemahaman kita sebagai pembaca 😊

    BalasHapus
  6. tutorialnya sangat membantu kak, semoga ilmunya manfaat
    makasii

    BalasHapus
  7. terimakasih tutorial nya kak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Ringkas, padat, dan jelas. Terimakasih tulisannya sangat membantu saya mempelajari regresi berganda menggunakan spss :)

    BalasHapus
  9. Tutorialnya bagus mudah dipahami kk mungkin bisa dibenahi lagi penulisanya biar tambah baguss..

    BalasHapus
  10. Sangat membantu sekali kak .terimakasih

    BalasHapus
  11. Terimakasih kak sharing ilmunya, sangat mudah dipahami

    BalasHapus
  12. Tulisan yg sangat bermanfaat, membantu dalam mempelajari analisis regresi berganda. terima kasih

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfaat, terima kasih kak

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaat dan membantu sekali ini.

    BalasHapus
  15. Terima kasih, materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus

Review Jurnal Analisis Opsi dan Future Nama / NIM : Yuni Mega Lestari / 17510175 Mata Kuliah : Analisis Sekuritas Dosen Mata Kuliah ...